Berapa macam jaringan penguat pada tumbuhan?

praja andika

New member
XI C
Daftar
23 Aug 2023
Pesan
4
Skor reaksi
0
Poin
1
Berapa macam jaringan penguat pada tumbuhan?
 
Terakhir diedit oleh moderator:
Jaringan penguat pada tumbuhan terbagi menjadi dua macam utama, yaitu:
  1. Sklerenkim: Jaringan ini merupakan jaringan penguat yang sel-selnya telah mati pada saat matang dan berfungsi penuh. Sklerenkim memiliki dinding sel yang sangat tebal dan mengandung lignin, sebuah polimer yang memberikan kekuatan dan kekakuan. Sklerenkim terbagi menjadi dua jenis utama, yaitu serat sklerenkim dan sklereid (atau batu sel).
  2. Kolenkim: Berbeda dengan sklerenkim, sel-sel kolenkim masih hidup pada saat matang dan memiliki dinding sel yang menebal secara tidak merata. Penebalan tersebut biasanya terjadi pada sudut-sudut sel, sehingga masih memungkinkan pertukaran gas dan nutrisi. Kolenkim memberikan dukungan mekanis pada bagian-bagian tumbuhan yang masih aktif tumbuh, seperti batang muda dan daun.
Kedua jenis jaringan penguat ini berfungsi mendukung struktur tumbuhan, memungkinkannya tumbuh tegak, dan melindunginya dari kerusakan fisik.
 
Back
Top
AdBlock Detected

We get it, advertisements are annoying!

Sure, ad-blocking software does a great job at blocking ads, but it also blocks useful features of our website. For the best site experience please disable your AdBlocker.

I've Disabled AdBlock    No Thanks