Contoh bioteknologi tradisional Indonesia

tsabitha

New member
Daftar
19 Apr 2023
Pesan
10
Skor reaksi
0
Poin
1
Dapatkah kamu membantu saya menemukan contoh bioteknologi tradisional pada masyarakat Indonesia?
 
Dapatkah kamu membantu saya menemukan contoh bioteknologi tradisional pada masyarakat Indonesia?
Ada banyak contoh bioteknologi tradisional yang masih digunakan oleh masyarakat Indonesia. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Tempe: Proses pembuatan tempe menggunakan jamur Rhizopus oligosporus atau Rhizopus oryzae yang menempel pada kacang kedelai.
  2. Tape: Proses pembuatan tape ketan menggunakan ragi yang diambil dari dedak atau ampas ketan. Ragi ini merupakan campuran ragi, bakteri, dan kapang. Ragi yang siap pakai dapat dibeli di pasar.
  3. Kecap: Proses pembuatan kecap menggunakan fermentasi yang dilakukan oleh jamur Aspergillus oryzae. Jamur ini dibiarkan mengikuti proses fermentasi selama beberapa bulan.
  4. Tuak: Proses pembuatan tuak menggunakan fermentasi air nira pohon enau atau kelapa dengan tambahan ragi dari kayu, sari buah, atau bahan herbal.
  5. Jamu: Obat tradisional yang terbuat dari rempah-rempah yang telah dikeringkan atau direbus bersama air. Ramuan ini bisa mengandung bahan alami seperti kunyit, jahe, kencur, dan sereh.

Semua contoh di atas adalah contoh bioteknologi tradisional pada masyarakat Indonesia.
 
Back
Top
AdBlock Detected

We get it, advertisements are annoying!

Sure, ad-blocking software does a great job at blocking ads, but it also blocks useful features of our website. For the best site experience please disable your AdBlocker.

I've Disabled AdBlock    No Thanks